Breaking News

Gali Potensi Para Desainer, Dekranasda Gelar Pelatihan Desain Fashion


KUNINGAN POST  | BALI — Pelatihan desain fashion yang berlangsung berkesinambungan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) serta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Denpasar dalam memberikan fasilitas keberlanjutan gagasan ide dan potensi perajin. 

"Kami ingin pelatihan desain fashion dapat berkelanjutan dan memberikan nilai tambah bagi perajin yang menggeluti dunia fashion," ujar Ketua Dekranasda Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Selasa (10/1) saat bertatap muka dengan 13 orang perajin yang mengikuti pelatihan desain fashion lanjutan di Disperindag Denpasar. 

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua Dekranasda Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, dan Kadis Perindag Denpasar Ni Nyoman Sri Utari. 

Lebih lanjut Ny. Sagung Antari Jaya Negara menyampaikan pelatihan lanjutan ini nantinya kita persiapkan bersama Disperindag Denpasar dalam satu wadah kelompok dibidang fashion. Hal ini bertujuan untuk mempercepat melakukan koordinasi dan komunikasi, serta dalam peningkatan kualitas produk desain fashion di Kota Denpasar. Kami tidak ingin latihan desain fashion hanya sampai awal tidak ada kelanjutan program tapi harus berkelanjutan. 

"Para peserta yang telah memiliki pengalaman dibidangnya, namun dalam pelatihan ini kita berharap dapat lebih meningkatkan keahlian dan skillnya," ujarnya. 

Disampaikan pula bahwa produk para perajin desain fashion ini tidak sama, namun memiliki ciri khas tersendiri baik dari segi bentuk, hingga warna. Serta kelompok desain yang direncanakan dibentuk ini dapat memiliki komitmen bersama dalam meningkatkan dan memperkenalkan produk desain fashion Denpasar. 

Sementara Kadis Perindag Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari menyampaikan pihaknya telah menggelar pelatihan desain fashion tahap dasar dan pelatihan lanjutan yang melibatkan  Institut Seni Indonesia Denpasar dan Institut Desain Bali.  Dalam gagasan terbentuknya kelompok desain Fashion Denpasar ini sebagai komitmen Pemkot Denpasar dan Dekranasda Denpasar untuk melaksanakan program berkesinambungan dalam meningkatkan ide, gagasan dan promosi produk perajin, maupun IKM/UKM.
 
"Kami yakin peserta ini sudah melaksanakan secara seksama. Maksud dan tujuan ketua Dekranasda ingin mendapatkan masukan sharing pendapat. Kami selaku penanggung jawab yakin pelatihan desain lanjutan dan menindaklanjuti kelanjutan. Tidak hanya sekedar dilatih namun kita bersama ingin progres bersama," ujarnya. 

Dijelaskan pula bahwa sebelumnya pelatihan perca endek telah membentuk kelompok yang diberi nama lorakaca dan telah menghasilkan produk serta dikenal khalayak banyak. Hal ini juga telah kami libatkan dalam berpameran ditingkat daerah dan juga nasional. Hal ini tidak terlepas dari industri unggulan di Denpasar yakni industri fashion. 
 
"Desain fashion ini dapat berkelanjutan dan tahun ini kita komitmen lanjutkan lagi yang nantinya dapat merangkul dan membentuk kelompok desain fashion untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi dalam memproduksikan produk dengan ciri khas tersendiri," ujarnya.(**)

0 Komentar

© Copyright 2022 - KUNINGANPOST.COM | SEMUA UNTUK INDONESIA