Breaking News

Tim Ekspedisi Maritim TNI AL Berhasil Tuntaskan Misi

 

KUNINGAN POST | JAKARTA – Tim Ekspedisi Maritim kerja sama TNI AL dengan Tempo dalam rangka menjelajahi kejayaan maritim Nusantara tiba di Mabesal Cilangkap Jakarta Timur pada Selasa (11/10/2022) setelah menuntaskan misi yang dilaksanakan sejak tanggal 21 September 2022 dengan mengunjungi beberapa lokasi/kota di Pulau Jawa yang memiliki sejarah kemaritiman dan TNI AL.

Kedatangan Tim Ekspedisi Maritim disambut Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono,  Irjenal Laksda TNI Sunaryo , Asrena Kasal Laksda TNI Dr. Iwan Isnuwanto, Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, Kadispenal Laksma TNI Julius Widjojono, dan Kasubdisprodpen Dispenal Kolonel La Ode, serta  Direktur Tempo Media Group Meiky Sofyansyah di Gedung Utama Mabesal.

Ekspedisi Maritim TNI AL dilatarbelakangi bahwa sebagian besar wilayah Indonesia berupa lautan yang memiliki beragam sejarah, potensi maritim, wisata maritim yang harus terus dijaga kelestariannya sehingga dapat memberikan kontribusi besar bagi kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia. 

Misi dari Ekspedisi Maritim ini adalah mendokumentasikan dan memublikasikan sejarah maritim, sejarah TNI AL, potensi maritim, wisata maritim khususnya di Pulau Jawa dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan edukasi kepada masyarakat tentang sejarah kemaritiman dan sejarah TNI Angkatan Laut sehingga menimbulkan kecintaan pada kemaritiman khususnya bagi generasi muda.  

Setelah diberangkatkan pada tanggal 21 September 2022 dari Dermaga Kolinlamil Jakarta Utara, Tim Ekspedisi menuju Cirebon dengan menggunakan KRI Dewaruci. Selanjutnya dari Cirebon melalui jalur darat menuju ke Tegal, Semarang, Salatiga, Juwana, Rembang, Surabaya, Pacitan, Jogjakarta, Cilacap, Pangandaran dan kembali ke Jakarta. 

Dalam melaksanakan misi ini, Tim Ekspedisi berkekuatan delapan orang dari Tempo dengan didampingi personel dari Dispenal, Disjarahal dan Dispotmaral serta mendapat dukungan dari Satuan TNI AL di wilayah yang dikunjungi. Seluruh target dari ekspedisi ini berhasil diselesaikan dengan baik. 

Selama melaksanakan misi ada beberapa hal menarik yang menjadi catatan tim ekspedisi, pada tanggal 24 September 2022, Tim Ekspedisi Maritim melaksanakan penyelaman di lokasi tenggelamnya KRI Gajah Mada-408 di perairan Teluk Cirebon, pada koordinat 06° 40' 066" S – 108°35' 847" E di kedalaman kurang lebih 9 meter dan berhasil menemukan adanya bangkai kapal tersebut sebagai bukti nyata kejayaan TNI AL kala itu. 

Ketika berada di Tegal pada tanggal 26 September 2022, Tim Ekspedisi Maritim berhasil mengungkap dan menelusuri sejarah cikal bakal TNI Angkatan Laut. Tim juga melaksanakan wawancara dengan ulama kharismatik Habib Luthfi yang mengetahui dan menuturkan seluk-beluk sejarah TNI Angkatan Laut di Tegal.

Sementara pada tangggal 9 Oktober 2022 di Pangandaran, Tim Ekspedisi melaksanakan wawancara dengan Ibu Susi Pudjiastuti mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) yang menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan Ekspedisi Maritim TNI AL tersebut.

0 Komentar

© Copyright 2022 - KUNINGANPOST.COM | SEMUA UNTUK INDONESIA