Breaking News

Kampung Singkup Berlimpah Durian, Berpotensi Jadi Destinasi Wisata Kuliner

Foto: Dok. KP. Photo pembeli sedang memilih buah durian, dilayani penjual cantik

KUNINGAN POST | MANDE - Kampung Singkup Desa Leuwikoja Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur jika di kelola dengan baik bisa menjadi Destinasi wisata kuliner hasil perkebunan.

Cianjur khususnya kampung Singkup kaya hasil komoditi buah durian dan rambutan, durian asal kampung singkup kualitasnya tak kalah dengan durian dari daerah lain.

Dilokasi kebun durian pengunjung bisa langsung memilih jenis durian yang disukainya, penjual memberi garansi jangan dibayar kalau tidak manis. Sabtu, (27/1/2024).

Selain itu pembeli bisa mencoba dulu durian yang pilihnya kalau tidak manis bisa ditukar, dan memilih kembali durian yang sesuai selera.

Hal tersebut disampaikan Eti (55) tahun pemilik kebun durian di kampung singkup di dampingi anaknya Ranti (27) tahun.

"Pondok penjual durian yang ada disini masing- masing memiliki lahan kebun durian sendiri, jenis buahnya ada bawor, ada mosanking, juga durian asal Malaysia juga ada," ujar Eti. Sabtu, (27/1/2024).

"Kebun keluarga kami luasnya 5 hektare dikelola sama keluarga, kami memiliki pegawai 10 orang, penjual 5 orang dan pemanjat pohon 5 orang," sambung nya.
Foto: Dok. KP. Buah durian hasil panen kebun di kampung singkup

Lanjut Eti; "Ranti anak saya walaupun tidak setiap hari membantu kami mengelola kebun dan menjual hasil panen," ucapnya.

Sa'at ditanya awak media sampai jam berapa pondok warung durianya buka.

"Ngak tentu, pokoknya sampai tak ada pembeli aja," jawabnya.

"Pedagang eceran pun beli durian nya disini, alhamdulillah pengunjung setiap harinya ramai," pungkasnya.

Hal senada disampaikan Ranti; "Iya Pa, disini saya bantu- bantu Mamah," ujarnya singkat sambil tersipu.

Masih dilokasi yang sama, Rohman (38) tahun Pengunjung/pembeli yang datang bersama Isterinya, menuturkan:

"Iya kang, kalau datang langsung ke kebun nya banyak sekali pilihan, selain itu harganya pun sangat terjangkau," ucap Rohman sambil menikmati buah durian. Sabtu, (27/1/2024).
Foto: Dok. KP. Kebun durian di Desa Leuwikoja Mande

"Kita makan durian disini sambil menikmati alam, kalau dah puas menikmati durian dikebun nya langsung kita pesan beberapa pulih buah untuk dibawa pulang," tambah Rohman.

Terakhir Rohman menuturkan; "Selain menikmati durian disini juga kita menikmati buah rambutan, rasa durian dan rambutan disini tak kalah dengan produk daerah lain, cuman sayang tempat parkirnya tidak luas dan belum tertata rapih sehingga parkir mobil sangat sulit," pungkasnya. 

(Arkam)

0 Komentar

© Copyright 2022 - KUNINGANPOST.COM | SEMUA UNTUK INDONESIA