Breaking News

Menggali Potensi Peserta Didik, SMAN 1 Sukaresmi Tiap Tahun Gelar Creation Of Young Generation

Foto: Dok. KP. Photo pembukaan Crayon, Creation Of Young Generation SMAN 1 Sukaresmi Kabupaten Cianjur

KUNINGAN POST | SUKARESMI - Creation Of Young Generation (Crayon) merupakan kegiatan tahunan yang selalu di gelar SMAN 1 Sukaresmi bertujuan mencari atau mengembangkan potensi dan bakat pelajar melalui kegiatan positif yang bersifat perlombaan.

Dalam kegiatan Crayon ini di bagi dua sesi, sesi internal dan sesi eksternal, sesi crayon internal pesertanya berasal dari siswa- siswi SMAN 1 Sukaresmi, sedangkan sesi crayon eksternal peserta nya dari sekolah lain.

Yang menarik dari sesi crayon eksternal panitia pelaksana nya terdiri dari siswa- siswi SMAN 1 Sukaresmi, dengan begitu pihak sekolah sengaja mendorong peserta didik untuk berlatih menjadi seorang entrepreneur, dengan begitu kelak setelah lulus, mereka terbiasa menggelar event- event besar.

"Kegiatan ini rutin dilaksanakan tiap tahun, nama kegiatan nya Crayon Creation Of Young Generation, artinya kami memberikan jalan kepada siswa- siswi baik eksternal maupun internal untuk mengembangkan bakat melalui suatu perlombaan," ujar Leni Yulita Herlina, S. Pd. Wakasek Bidang Kesiswaan SMAN 1 Sukaresmi.

"Untuk kegiatan internalnya di awali dengan pembukaan pada 2 oktober lalu, dibuka oleh Kepala Sekolah," tambahnya. Minggu, (26/11/2023).

Lanjut Leni; "Kegiatan ini bertujuan menggali potensi Siswa- siswi, disini kami membuka ruang berkreasi dengan menggali berbagai talenta melalui lomba, ada vocal group, monolog, baca puisi kemudian digital komik dan lain sebagainya," urainya.

"Dalam kegiatan Internal Crayon ini peserta nya merupakan Siswa- siswi kami," tambahnya.

Kembali Leni melanjutkan penuturan nya; "Selain potensi internal kami pun melatih anak- anak menjadi seorang entrepreneur memiliki ide- ide kreatif dengan mendorong mereka menjadi panitia suatu kegiatan, dimana pesertanya dari luar, dan ini kami menyebutnya kegiatan crayon eksternal," ungkap Leni.

"Kegiatan crayon eksternal melombakan 5 ekstrakurikuler, diantaranya; 1. Laskar 2 diselenggarakan ektrakurikuler Risma 2. Go diselenggarakan ektrakurikuler Sispala 3. Galaxy diselenggarakan ektrakurikuler PMR 4. Pasang galang-8 diselenggarakan ektrakurikuler Pramuka 5. Sekar XX diselenggarakan ektrakurikuler Paskibra," tambahnya.

Masih kata Leni, Kegiatan- kegiatan eksternal ini lingkupnya tingkat kabupaten cianjur, yang berbeda ini paskibra dengan kegiatan Sekar 20 nya itu terbuka untuk tingkat Jawa Barat.

"Pada sa'at open Jawa Barat alhamdulilah antusias dari sekolah diluar kabupaten cianjur sangat luar biasa," jelasnya kepada awak media.

"Dilihat dari buku pendaftaran peserta ada yang dari medan, kabupaten bandung barat, sukabumi, bogor juga dari serang banten," imbuhnya.

"Itu yang bisa kami banggakan dari hasil karya anak didik kami, mampu menyelenggarakan event, serta alhamdulilah kegiatan nya sukses dan lancar," papar Leni.

Selanjutnya awak media bertanya, Prestasi- prestasi apa saja yang sudah diraih oleh SMAN 1 Sukaresmi ini.

"Prestasi kami tidak hanya di acara crayon ini saja, SMAN 1 Sukaresmi pada sa'at kegiatan yang diselenggarakan koni kabupaten, koni jabar, kami mengirim kontingen anak didik kami untuk berkompetisi," ucap Leni.
Pada sa'at diberi kesempatan juga dukungan dari kepala sekolah, guru pembimbing serta orang tua wali murid, mereka mendapat hasil yang maksimal.

"Mereka (peserta didik- red) menjadi juara peringkat 2 kegiatan galaxy tingkat kabupaten cianjur," jelasnya.

Dalam bidang vocal group, kemarin kita mendapat 9 medali, baik emas, perunggu, perak, dalam bidang taekwondo dengan penyelenggara nya dari UIN.

Selanjutnya, Leni Yulita Herlina, S.Pd. Wakasek Bidang Kesiswaan SMAN 1 Sukaresmi kembali melanjutkan penuturannya:

"Yang terbaru dari 6 cabang atletik se- jawa barat kita mendapat peringkat juara satu 2 orang, dan juara 2 dan 3," ucapnya.

"Dalam bidang karate kita pun mendapat peringkat satu, setiap minggunya kita selalu mendapat informasi yang menggembirakan melalui capaian prestasi anak didik kami," ujarnya bangga

Kembali awak media bertanya, melihat segudang prestasi yang telah diraih anak didik SMAN 1 Sukaresmi yang begitu luar biasa, penyeleksian calon atlet atau peserta nya seperti apa.

"Pada sa'at kami hendak mengirim peserta didik untung bertanding keluar, tentu saja kita tidak asal ngambil tapi melalui jalur seleksi yang ketat," jawab Leni.

"Kami menyeleksi anak didik berdasarkan talent nya masing - masing, selanjutnya kita didik sesuai potensi yang dimiliki peserta didik," kata Leni.

Seleksi ini bisa melalui audisi atau kuesioner minat mereka, dengan tahapan seleksi kita mendapatkan yang terbaik, dari yang terbaik kemudian kita latih lagi sampai mereka dinyatakan siap mengikuti perlombaan di cabangnya masing- masing.

"Segala kegiatan yang dirancang SMAN 1 Sukaresmi tujuan nya untuk meningkatkan kreativitas serta menggali semua potensi yang di miliki peserta didik kami." pungkas Leni Yulita Herlina, S. Pd.

(Indrayama)

0 Komentar

© Copyright 2022 - KUNINGANPOST.COM | SEMUA UNTUK INDONESIA