Breaking News

Pasca Serangan KST Di Kampung Erogobak Papua, Satgas Mobile Raider 300/Brajawijaya Tampung Warga Di Pos TNI Eromaga

Foto: Dok. KP. Nampak dalam photo, warga kampung erogobak berkumpul minta perlindungan di Pos TNI

KUNINGAN POST | PUNCAK - PAPUA, Kepedulian Satgas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi tercermin melalui tindakan reaksi cepat, ketika pada tanggal 20 Oktober 2023, Kampung Erogobak Kabupaten Puncak, Papua, diserang (KSTP) Kelompok Separatis Teroris Papua.

Warga yang merasa terancam segera mencari perlindungan Ke Pos Eromaga Satgas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi. Senin, (30/10/2023).

Sesuai fakta dilapangan, tercatat 52 warga kampung erogobak Kabupaten Puncak- Papua mengungsi di Pos Eromaga Satgas Mobile Raider 300/BJW. (29/10).

Masyarakat Kampung Erogobak berlindung sehari semalam di Pos Eromaga mencari perlindungan sampai situasi kembali kondusif.

Makan Bareng Bersama TNI

Sebagai bentuk kepedulian TNI terhadap warga Erogobak, Pos Eromaga Satgas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi melaksanakan kegiatan masak- masak, trauma healing kepada perempuan dan anak, dilanjut dengan makan bersama.

KST. Kelompok Separatis Teroris Intimidasi Warga

Sejumlah 52 Warga Erogobak meminta Perlindungan kepada TNI di Pos Eromaga Satgas 300/BJW Kodam III/Siliwangi di Kabupaten Puncak Papua, mereka (warga-red) di intimidasi dan diancam KST.  

Reaksi Cepat Satgas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi

Saat itu pada Tanggal 20 Oktober 2023 malam hari sekitar pukul 21.00, semua warga berhasil diselamatkan, dibawah perlindungan Satgas Mobile 300/BJW, mereka berlindung di Pos Eromaga. 

Selama berada di Pos TNI semua Kebutuhan Pengungsi terpenuhi 

Sebanyak 52 orang warga Erogobak yang meminta perlindungan di Pos Satgas Mobile Raider 300/Brajawijaya terpenuhi semua kebutuhan nya, baik secara Sandang, Pangan dan Papan serta Pelayanaan kesehatan. 

Pos Eromaga Satgas Mobile Raider 300/BJW memberikan Baju, selimut, makanan selama di Pos, bahkan api Unggun untuk penghangat, karena cuaca di Kabupaten Puncak sangat dingin, rata-rata 6⁰C sampai dengan 14⁰C. 

Kemudian dilanjut dengan pembagian Bansos dari Pangdam XVII/Cendrawasih yang di distribusikan langsung oleh Dansatgas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi dan meraka pun diajak makan siang bersama.

Warga Sudah Kembali Ke Kampung Erogobak

52 Warga tersebut sudah kembali ke kampung Erogobak sejak sehari setelah kejadian itu, mereka kembali setelah Satgas 300 melaksanakan Patroli ke Kampung Erogabak dan diyakinkan aman. Mereka kembali setelah semua merasa aman, namun mereka meminta akan datang lagi berlindung ke Pos TNI bila KST datang mengintimidasi mereka kembali.

Pos TNI Eromaga Jadi Keluarga Baru Erogobak

Dengan berbagai banyak kebersamaan mereka antara Pos TNI Eromaga dan Warga Erogobak, sekarang mereka sudah menjadi keluarga. Setiap hari mereka berinteraksi secara Positif. Warga sudah setiap hari berkunjung ke Pos Raider 300, baik sekedar tegur sapa maupun minta pelayanan kesehatan,  Pendidikan, olah raga bersama, minta bahan makanan bahkan untuk jual hasil kebun mereka. 
Keluarga meraka sangat harmonis dan mereka sudah mulai kelihatan bahwa kehadiran TNI didepan meraka bukan hanya sebagai dinas tapi melainkan pengabdian tulus dan nyata dalam membantu masyarakat disekitarnya.

TNI Maju Satu Langkah

Keberadaan 52 Warga yang meminta perlindungan kepada Pos TNI Satgas 300 Siliwangi merupakan bukti nyata bahwa TNI di Kabupaten Puncak sudah maju satu langkah, karena selama ini belum pernah ada warga berbondong-bondong minta bantuan dan berlindung kepada TNI .

Ini menjadi bukti nyata kepercayaan warga kepada Pos Eromaga Satgas 300 Siliwangi. Kepercayaan masyarakat sangat perlu dijaga serta dipelihara untuk menciptakan iklim kondusif di Papua.

Warga dan TNI sering masak dan makan bersama

Terpantau kondisi terakhir di Pos TNI Eromaga Satgas Mobile Raider 300/BJW. Melaksanakan kegiatan Masak dan Makan bersama, seperti sedang ada perayaan hari besar keagamaan atau perayaan besar lain nya, mereka sudah seperti saudara.
Kepercayaan warga terhadap TNI sangat tinggi. Dengan kehadiran TNI di tengah-tengah warga, minimal mereka mendapat rasa aman dalam menjalankan aktivitas hidup mereka sehari-hari. 

Masak bersama seperti itu sangatlah jarang ditemui dikarenakan mereka biasa melaksanakan masak bersama pada acara adat yaitu Bakar Batu, Namun masak Bersama ini merupakan bukti nyata mereka sebagai satu keluarga.

Dansatgas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi, Letkol. Inf. Afri Swandi Ritonga S.IP dalam sebuah pernyataan, mengungkapkan penghargaan mendalam terhadap Pos Eromaga. Menurutnya, kepercayaan yang tinggi dari masyarakat Papua adalah bukti konkret bahwa TNI telah menjadi benteng keamanan yang dapat diandalkan.

"Kami berbangga melihat bahwa kepercayaan ini tidak hanya sebatas kata-kata, tetapi terlihat dalam tindakan nyata masyarakat yang datang ke Pos Eromaga Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi dalam situasi genting seperti ini," ujarnya.

Tanggapan positif dan rasa terbantu yang dirasakan masyarakat adalah cerminan dari kepedulian Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi. Salah satunya Kepala Suku, Bapak Marikita bersama keluarga nya merasa sangat terbantu.

"Dalam saat-saat sulit, kehadiran TNI bukan hanya memberikan perlindungan fisik, tetapi juga menciptakan rasa aman, solidaritas, dan harapan bagi masyarakat yang terancam oleh KSTP." Ucap Bapak Marikita.

(HN)


0 Komentar

© Copyright 2022 - KUNINGANPOST.COM | SEMUA UNTUK INDONESIA