Breaking News

Satgas Mobile Raider 300/BJW Kodam III/Siliwangi Bersama Masyarakat Papua Bersihkan Jalur Antar Distrik

Foto: Dok. KP. Nampak dalam photo Anggota Satgas Mobile Raider 300/BJW bersama Masyarakat 2 Distrik sedang membersihkan akses jalan darat 

KUNINGAN POST | PUNCAK PAPUA - Akses jalur darat yang bisa dilalui menjadi impian besar untuk Masyarakat Papua, seperti yang di harapkan oleh masyarakat Distrik Magumbumek dan Distrik Mulia yang merupakan satu-satunya akses jalur darat sebagai  penghubung antar Distrik.

Hal tersebut yang di sampaikan oleh Dansatgas Mobile Raider 300/BJW Kodam III/Siliwangi Letkol. Inf. Afri Swandi Ritonga S.I.P, dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Puncak Papua, Kamis,(28/9/2023)

Dansatgas Mobile Raider 300 menyampaikan bahwa; "Masyarakat memang sudah lama berdiam diri di Distrik masing-masing, dengan banyaknya aduan oleh masyarakat sekitar kepada anak-anak Pos tentang jalur yang sudah lama putus, Saya memerintahkan Danpos Pintu Jawa untuk meninjau langsung jalur tersebut," ungkap Dansatgas.

Jalur ini merupakan harapan besar bagi masyarakat untuk jalur sekolah, berjualan, dan akses ke Bandara. 

"Anak-anak Distrik Magumbumek dan Distrik Mulia setelah tamat SMA banyak yang berkuliah di Pulau Jawa sehingga mereka Pulang ke Kampung halaman melalui jalur ini." Tambah Dansatgas.

Sesuai arahan dan perintah dari Dansatgas. Danpos Pintu Jawa Lettu. Inf. Dody Suyono menyampaikan:
"Setiba di jalur yang rusak, mereka sudah menunggu kehadiran Kami (Anggota Pos Pintu Jawa-red), Saya bertanya kepada salah satu Kepala Kampung yang ikut membantu perbaikan jalur bahwa masyarakat sudah lama merindukan adanya perbaikan jalur yang terputus," urainya.

Lanjut Danpos; "Kami mengajak masyarakat Desa Jigiunggi membersihkan jalur yang terhalang ranting pohon yang menutupi jalur, setelah jalur bersih mereka sangat senang sudah bisa kembali bersekolah, berjualan dan juga anak-anak dapat cuti semester dari Pulau Jawa bisa bertemu dengan Keluarganya." Jelas Danpos.

Begitu antusias mereka mengerjakan jalur yang rusak dan Wajah ceria dan sangat senang yang diperlihatkan oleh masyarakat setelah jalur yang sudah dibersihkan dapat dilalui kembali.

Hal ini terucap saat dialog antar salah satu anggota Pos Pintu Jawa Praka Joko kepada salah satu pendeta Kampung Jigiunggi Bapak James Talenggeng

"Kaonak Wa (Terimakasih dalam bahasa suku Dani-red) untuk Abang-abang su bantu sambung jalanan, anak-anak kitorang sekarang su bisa sekolah ke Mulia, nanti Desember su bisa ketemu anak kitorang yang Kuliah di Jawa." Ucap Bapak James Talenggeng dengan logat khas Papua.

Sudah banyak upaya yang dilakukan oleh Pemerintah dan Pos-pos TNI-POLRI terhadap akses dari Distrik Mulia ke Distrik Magumbumek, tetapi memang sering terkendala cuaca dan gangguan yang dilakukan KST.

(HD)

0 Komentar

© Copyright 2022 - KUNINGANPOST.COM | SEMUA UNTUK INDONESIA