Breaking News

Dampak Gempa, Bangunan Di Kantor Desa Baturinggit Rusak


KUNINGAN POST | KARANGASEM — Dampak gempa beruntun yang terjadi pada Selasa (13/12/2022) sore di kabupaten Karangasem sebabkan kerusakan pada bangunan milik warga serta fasilitas pemerintah seperti kantor. Gempa susulan bahkan sampai saat berita ini ditulis masih terasa.

Ditinjau langsung dari lokasi terdekat dengan pusat gempa, pada Rabu (14/12/2022) yakni di Desa Baturinggit Kelod Kecamatan Kubu Karangasem, banyak bangunan yang terdampak. Salah satunya ialah di kantor perbekel Desa Baturinggit, terlihat para pegawainya yang berhamburan keluar.

"Baru saja ada gempa lagi, jadi kami menyelamatkan diri di sini (halaman depan kantor) dan belum berani ke dalam," Tandas salah satu pegawainya pada media ini. 

Akibatnya, pada bangunan kantor desa tersebut atap bangunannya rontok, dibeberapa titik bagian juga terdapat plafon yang lepas. Tak hanya itu, retakan pada tembok juga terlihat. Dan yang paling parah, angkul-angkul kantor juga hancur dan roboh. Bahkan material robohan, ketika ditinjau masih terlihat berserakan.

Perbekel Desa Baturinggit, I Gede Putu Telantik, SE mengatakan jika kerusakan terparah ada di Desa Baturinggit Kelod. "Dampaknya sangat luar biasa, banyak rumah warga kami yang atapnya roboh, sanggah warga, sampai pura kami di wilayah Desa Adat Gerombong (Pura Gerombong) juga roboh, yang terparah masyarakat kami di banjar dinas Baturinggit kelod, rumah, merajan termasuk kantor kamipun kena dampaknya," Terang Gede Putu Telantik. Ada  4 rumah warga di Baturinggit Kelod yang dampak kerusakannya paling parah, sementara belasan lainnya alami retak dan genteng roboh. 

"Kami mohonkan untuk pemerintah atasan kami sehingga lebih cepat untuk atensi sehingga penyelenggaraan pemerintahan kami di Desa Baturinggit bisa kami layani sesegera mungkin," Harapnya.(bk/ami/Red)

0 Komentar

© Copyright 2022 - KUNINGANPOST.COM | SEMUA UNTUK INDONESIA