Breaking News

Masyarakat Desa Sukanagalih Keluhkan Sampah Pasar GSP Diduga Dibuang Ke Sungai, Ketua Karangtaruna Sosialisasikan Pengelolaan Sampah

Foto: Dok. KP. Nampak dalam photo, tumpukan sampah berserakan di sungai

KUNINGAN POST | PACET- CIANJUR, Masyarakat Desa Sukanagalih Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur mengeluhkan sampah pasar GSP yang diduga dibuang ke sungai yang berada persis dibelakang pasar.

Pasalnya air sungai menjadi kotor, sebab air sungai sangat dibutuhkan warga untuk kebutuhan mushola serta kebutuhan rumah tangga lain nya. Masyarakat sekitar menyebut sungai itu sungai jembatan pasar GSP.

Menindak lanjuti keluhan Masyarakat Ketua Karangtaruna Desa Sukanagalih, sekaligus Pengurus TPS3R (Tison Supriatna Dally) mensosialisasikan pengelolaan sampah kepada para pedagang pasar GSP.

Langkah yang diambil Ketua Karangtaruna Desa sejalan dengan visi misi Bupati Cianjur dengan tagline Cianjur Manjurnya, Mandiri, Maju dan Religius.

"Terkait pengelolaan sampah sudah kami sosialisasikan kepada para pedagang di pasar GSP," tutur Ketua Karangtaruna Desa Sukanagalih. Jum'at, (6/10/2023).

"Kebersihan lingkungan itu tidak hanya tanggung jawab masyarakat, tapi merupakan tanggung jawab kita bersama, disini perlu sinergitas masyarakat dengan Pemerintah dalam penanggulangan sampah ini," tambah Ketua Karangtaruna.

"Kami melakukan pendekatan dengan para pedagang untuk mencari solusi tentang permasalahan sampah ini," ungkap Ketua Karangtaruna Desa.

Lebih lanjut Ketua Karangtaruna Desa Sukanagalih melanjutkan penuturan nya:

"Memang masyarakat mengeluh kepada kami tentang sampah yang dibuang ke sungai, karena masyarakat sangat membutuhkan air sungai untuk kebutuhan Mushola dan kebutuhan lain nya," urai Ketua Karangtaruna Desa.
"Sejauh ini kami memang belum berkomunikasi dengan pengurus pasar, hanya baru berkomunikasi dengan pedagang, itu pun baru sebagian," bebernya.

Lanjut Ketua Karangtaruna Desa; "Jika sampah terus menerus dibuang ke sungai dampaknya tentu akan buruk, memang selain sampah pasar, masyarakat sekitar jembatan pun diduga membuang sampahnya ke sungai," urai Ketua Karangtaruna Desa.

"Makanya kami melakukan sosialisasi terkait pengelolaan sampah," tambahnya.

"Kami berharap pengelola pasar jangan hanya mengelola pasarnya saja, tapi pikirkan juga pembuangan sampahnya, mudah- mudahan ini menjadi catatan buat mereka untuk mengutamakan kebersihan lingkungan, karena kebersihan sungai sangat dibutuhkan masyarakat," tandasnya

"Untuk kedepan nya kami minta, khususnya pengelola pasar GSP untuk lebih serius menangani masalah pengelolaan sampahnya, juga lebih serius penanganan untuk tidak membuang sampahnya ke sungai." Pungkas Tison Supriatna Dally Ketua Karangtaruna Desa Sukanagalih sekaligus Pengurus TPS3R.

(Indrayama)

0 Komentar

© Copyright 2022 - KUNINGANPOST.COM | SEMUA UNTUK INDONESIA