Breaking News

Karangtaruna Kecamatan Bantarbolang Gelar Rapat Konsolidasi, Ini Yang Dibahas


KUNINGAN POST | BANTARBOLANG – Karangtaruna Kecamatan gelar rapat Konsolidasi bersama seluruh ketua Karangtaruna Se-Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang. Rapat yang dihadiri dari beberapa Karangtaruna aktif di wilayah Bantarbolang dihelat di cafee shop Igir Petir Jalan Raya Bantarbolang Purbalingga, pada Sabtu (15/10/2022).

Menurut Umam Nadif, ketua Karangtaruna Kecamatan, rapat tersebut dalam rangka mempersiapkan kegiatan sekolah kader pelopor desa dan pelatihan kader Karangtaruna desa yang sudah tercover. 

Dari hasil pendataan awal terdapat 10 Karangtaruna SK aktif yang akan ikuti sekolah pelatihan kader Karangtaruna pada hari Minggu 15 Oktober 2022 mulai puku 08:00 pagi sampai selesai. 

Giat itu akan dilaksanakan diruang Pendopo Balai Desa Wanarata, Kecamatan Bantarbolang, Pemalang.


"Oleh karena itu kami tegaskan, hari ini dan harapan kedepan Karder Karangtaruna yang sudah ikut SKPD nantinya bisa menularkan pengalamannya dan bisa mensosialisasikan materi - materi yang disampaikan, baik tentang materi Kekarangtarunaan dan materi kepemimpinan maupun analisis sosial," tegas Umam.

Kemudian yang menjadi harapan kami, setelah sekolah kader Karangtaruna ini exsistensinya Karangtaruna bisa berkembang baik dan bisa mewujudkan Skill yang baik di desanya masing-masing.

Terkait pendapat/usulan yang disampaikan dalam rapat, pihaknya akan bahas bersama.

"Alhamdulilah mereka merespon baik, karena kita ini sebagai lembaga yang dibentuk oleh desa untuk meringankan pemerintahan desa," ujarnya.

Ia menambahkan, sebagai organisasi sosial kepemudaan, Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan Desa dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia di lingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada, menjadi harapanya.

“Selain itu Karang Taruna berpedoman pada Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga, dimana telah pula diatur tentang struktur pengurus dan masa jabatan di masing-masing desa," pungkasnya.

Hal itu dibenarkan Ketua Karangtaruna Sarwodadi M.Komar, dan menambahi harapannya bahwa fungsi karangtaruna ini desa bisa memberikan fungsi yang pasti.

"Bukan menjadi penonton pasif yang tidak bisa apa-apa, buatlah jadi penggagas agar bisa berbuat apa-apa, selain supaya bisa berkembang Karangtaruna bisa meringankan pemerintahan desa," tambahnya. (Rae)

0 Komentar

© Copyright 2022 - KUNINGANPOST.COM | SEMUA UNTUK INDONESIA