Breaking News

Akibat Sungat Gumbasa Meluap, Akses Jalan Palu-Kulawi dan Palu-Tolitoli Putus


KUNINGANPOST.COM | PALU —  Hujan deras di wilayah Sulawesi Tengah pada Selasa pagi (6/9) mengakibatkan akses jalan terputus di beberapa titik. Informasi yang beredar di media sosial menunjukkan jalan poros Palu-Kulawi, Kabupaten Sigi putus karena longsor digerus air Sungai Gumbasa.

Hal ini membuat warga dari Palu ke Kulawi dan sebaliknya tidak bisa melintas. Dari foto dan video yang beredar warga berhenti di dekat jalan yang terputus, tepatnya di dekat jembatan Gumbasa, Desa Pandere dan Desa Pakuli Utara, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi. 

Informasi dari aparat Babinsa Kodim 1306/KP menyebutkan, hujan deras mengakibatkan debit air Sungai Gumbasa yang meluap, sehingga bak pipa Pasigala di ujung Jembatan Gumbasa  hanyut terbawa arus air.

Dilaporkan juga volume air  meningkat menggenangi rumah warga, dan meluap sampai ke Jalan Poros Palu-Kulawi.

Jalan ujung jembatan putus dan sampai sekarang belum bisa dilewati kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Warga terpaksa menempuh jalur lain untuk mencapai tujuan.

Sementara itu, jalan trans Palu-Tolitoli juga tak bisa dilalui karena longsoran tanah menutup jalan. Hal ini terjadi di lokasi Desa Lende, Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala.

Sebuah alat berat dikerahkan untuk membuka akses jalan. Beberapa warga Desa Lende tampak membantu pekerja mengeluarkan longsoran tanah dan pohon-pohon yang menutup jalan. (red)

0 Komentar

© Copyright 2022 - KUNINGANPOST.COM | SEMUA UNTUK INDONESIA