Breaking News

Aneh, Musim Puncak Harga Petai Di Pasar Baru Kuningan Justru Mahal


KUNINGANPOST.COM | PASAR BARU — Sejumlah petani petai menyebutkan saat ini merupakan musim puncak yang berada pada periode bulan Agustus hingga Desember. Meski lagi musim petai, tak membuat harga petai turun, sebaliknya malah harga petai lagi naik.

Pedagang sayuran, khususnya petai dan jengkol di Pasar Baru Kuningan mengatakan, saat ini harga petai per papan (satu selonjor) dijual seharga Rp. 7000.- Kecuali untuk ukuran kecil dan sedang bisa Rp 10.000.- per 3 papan.

Menurut Nenden, pedagang petai di Pasar Baru Kuningan menyebutkan, mahalnya harga petai disebabkan harga jual dari pemetik petai (renjer) di Ciawi sudah mahal.

"Betul lagi musim petai, tapi hasil panen petani justru lagi menurun. Itu sebabnya harga mahal," terangnya.

Dalam satu musim, kata Nenden, biasanya setiap pemetik petai (renjer) bisa mendapatkan hasil satu hingga tiga ton per minggu, dan musim puncak berada pada periode Agustus hingga Desember bertambah, tapi tahun ini hasil panen menyusut di bandingkan tahun lalu.

Petani petai tak menyebutkan alasan kenapa hasil panennya menyusut tahun ini.

"Kita tak tahu persis, hanya saja dengar-dengar adanya faktor alam dan musim pancaroba yang mempengaruhi hasil produksi para petani di kampung menurun," jelasnya.

Seperti diketahui, Petai termasuk jenis kacang-kacangan. Dengan nama latin Parkia Speciosa, petai terkenal dengan aromanya yang khas serta kelezatannya bagi mereka yang menggemari.

Meski pamornya sebagai makanan yang dapat membuat bau mulut sudah merajalela, kandungan gizi yang ada di dalam petai tidak banyak dibahas. Mungkin karena hanya wilayah Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan beberapa daerah di India yang mengonsumsi makanan ini.

Dalam sebuah publikasi yang dilakukan di  Malaysia,  beberapa dosen dari Fakultas Kedokteran Universiti Kebangsaan Malaysia mengemukakan manfaat dari petai. Kandungan nutrisi pada petai ternyata sangat kaya dan bermacam-macam, di antaranya protein, lemak, karbohidrat, hingga beberapa zat mineral seperti besi, kalium, kalsium, fosfor, magnesium, dan sebagainya.

Dalam 100 gram petai, kadar kalium dan fosfor menjadi kandungan yang paling banyak terdapat di dalamnya. Meskipun dalam jumlah kecil, petai juga mengandung vitamin C dan thiamin (vitamin B1) yang baik untuk kesehatan dan sistem imun. (Red)

0 Komentar

© Copyright 2022 - KUNINGANPOST.COM | SEMUA UNTUK INDONESIA